Tugas 1 - Definisi E-Commerce, M-Commerce dan E-Bussiness
Nama : Chatarina Indah Kristina Dewi
NIM : 1404505042
Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, S.T., M.T.
Mata Kuliah/Kode : E-Application/TI027348
A. Definisi E-Commerce, M-Commerce dan E-Bussiness
Istilah E-Commerce mulai muncul tahun 1990-an melalui adanya inisiatif untuk mengubah paradigma transaksi jual beli serta pembayaran dari konvesional ke dalam bentuk digital elektronik berbasiskan komputer dan jaringan internet. Terdapat beberapa definisi mengenai E-Commerce :
a. (1998) Kim dan Moon menyatakan bahwa E-commerce adalah proses untuk mengantarkan informasi, produk, layanan, dan proses pembayaran melalui kabel telepon, koneksi internet, dan akses digital lainnya.
b. (2002) Baourakis, Kourgianakis, dan Migdalas menyatakan bahwa E-commerce merupakan bentuk perdagangan barang dan informasi melalui jaringan internet.
c. (2002) Quayle mendefinisikan e-commerce sebagai berbagai bentuk pertukaran data elektronik atau electronic data interchange yang melibatkan penjual dan pembeli melalui perangkat mobile, e-mail, perangakat terhubung mobile, dalam jaringan internet dan intranet.
d. (2007) Chaffey E-commerce sebagai semua bentuk proses pertukaran informasi antara organisasi dan stakeholder berbasiskan media elektronik yang terhubung ke jaringan internet.
Terdapat sejumlah definisi yang diberikan oleh para ahli mengenai M-Commerce atau Mobile Commerce :
a. Mobile Commerce Lab, merupakan sebuah lab riset yang mengkhusukan pengkajiannya tentang mobile commerce. Definisi M-Commerce adalah sebuah bentuk ekspansi dan pengembangan dari M-Commerce ke ranah mobile, yang mana memiliki proses bisinis, teknologi-teknologi terbaru, dan layanan (service) di dalamnya.
b. Christiane Morris, menyatakan bahwa Mobile Commerce merupakan perkembangan dari E-Commerce yang memberikan kemudahan kepada konsumen melalui perangkat mobile yang dimilikinya dan jaringan wireless.
c. Corry Janssen, menyatakan bahwa Mobile Commerce merupakan bentuk transaksi elektronik berbasiskan jaringan wireless sebagaimana halnya E-Commerce, namun lebih mengkhusus kepada perangkat mobile (smartphone, handphone, tablet) maupun perangkat komputer jinjing (netbook, notebook).
Istilah E-Bussiness muncul setelah adanya fenomena mengenai E-Commerce di jagat internet, yang juga dipengaruhi oleh kemajuan teknologi komputer, baik dalam hardware maupun software, serta kemajuan dari teknologi internet itu sendiri.
a. Menurut IBM sendiri, E-Bussiness merupakan bentuk transformasi dari Key Bussiness Process ke dalam pemanfaatan teknologi internet.
b. Definisi lain menyatakan, bahwa E-Bussiness merupakan bentuk transformasi dari proses-proses di dalam suatu organisasi untuk mewujudkan customer value dengan memanfaatkan teknologi-teknologi komputer, aplikasi komputer, filosofi komputer, paradigma komputer, yang menjadi bentuk dari ekonomi dunia baru.
c. E-Bussiness merupakan hal dimana E-Commerce termasuk di dalamnya terkait dengan proses-proses eksternal yang dilakukannya namun juga memuat proses-proses internal berupa pengembangan produk, inventori, manajemen resiko, manajemen sumber daya, dll.
Daftar Pustaka
Agus Eka Pratama, S.T., M.T., I Putu 2015. E-Commerce, E-Bussiness dan Mobile Commerce. Bandung : Informatika
Agus Eka Pratama, S.T., M.T., I Putu 2015. E-Commerce, E-Bussiness dan Mobile Commerce. Bandung : Informatika
Komentar
Posting Komentar