Postingan

Menampilkan postingan dari Maret 31, 2015

Tugas 4 - Bagian 3 - Use Case & Sequence

Gambar
Nama / NIM : Chatarina Indah Kristina Dewi / 1404505042 Jurusan / Fakultas / Perguruan Tinggi : Teknologi Informasi / Teknik / Udayana Mata Kuliah : Pemrograman Berorientasi Objek ( B ) Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, S.T., M.T. Pada postingan artikel sebelumnya, kita sudah membahas mengenai Use Case. Pada artikel ini, kita akan membahas dari berbagai sumber yang ada.  1. Use Case Diagram  Use Case Diagram adalah rangkaian/uraian sekelompok yang saling terkait  dan membentuk sistem secara teratur yang dilakukan atau diawasi oleh sebuah aktor. Use case digunakan untuk membentuk tingkah laku benda dalam sebuah mode serta direalisasikan  oleh sebuah collaborator , umumnya use case digambarkan dengan sebuah elips dengan garis yang solid, biasanya mengandung nama.  Use case menggambarkan proses sistem (kebutuhan sistem dari sudut pandang user ). Secara umum use case adalah: Pola perilaku system Urutan transaksi yang berhubungan yang dilakukan oleh actor

Tugas 4 - Bagian 2 - Program Overriding (JAVA)

Gambar
Nama / NIM : Chatarina Indah Kristina Dewi / 1404505042 Jurusan / Fakultas / Perguruan Tinggi : Teknologi Informasi / Teknik / Udayana Mata Kuliah : Pemrograman Berorientasi Objek ( B ) Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, S.T., M.T. Berikut penjelasan mengenai overriding dan aplikasi yang saya gunakan untuk menjalankan program adalah NetBeans. Overriding adalah method subclass sama dengan method super class , parameternya sama tetapi pernyataan atau implementasinya berbeda. Berikut contoh dari Overriding pada java dengan nama super class -nya adalah Nama dan subclass- nya adalah Siapa . class Nama { public void Sapa() { System.out.println("Chatarina Indah"); } public static void main(String [] args) { Siapa ss; Nama nn; ss = new Siapa(); nn = new Nama(); ss.Sapa();//memanggil method Sapa() pada class Siapa nn.Sapa();//memanggil method Sapa() pada class Nama } } class Si

Tugas 4 - Bagian 1 - Program Kalkulator Sederhana (JAVA)

Gambar
Nama / NIM : Chatarina Indah Kristina Dewi / 1404505042 Jurusan / Fakultas / Perguruan Tinggi : Teknologi Informasi / Teknik / Udayana Mata Kuliah : Pemrograman Berorientasi Objek ( B ) Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, S.T., M.T. Pada artikel sebelumnya sudah terdapat pembahasan mengenai program aritmatika. Artikel ini akan membahas lebih lanjut mengenai program aritmatika yang berupa kalkulator sederhana dengan menggunakan bahasa pemrograman JAVA. Aplikasi yang saya gunakan adalah NetBeans.  Berikut adalah source code  program. import java.io.*; public class kalkulatorsederhana { /* Memiliki 6 methode : * Pemilihan Menu, Input Angka, dan * Operasi angka (Penjumlahan, Pengurangan, Perkalian, Pembagian). */ //Methode untuk operasi penjumlahan public int tambah (int a, int b) { int c = a + b ; return c; } //Methode untuk operasi pengurangan public int kurang (int a, int b) { int c = a - b; return c; } //Methode untuk operasi perkalian